Rabu, 17 November 2010

Rangkuman : "THE FUNDAMENTALS of GRAPHIC DESIGN" by Gravin Ambrose & Paul Harris

Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disain grafis diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art. Seperti jenis disain lainnya, disain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (disain).

Group structures and working methods
Seorang designer dapat memenuhi berbagai peran di berbagai lingkungan dan struktur perusahaan. Mereka dapat terlibat dalam berbagai kegiatan dan bekerja sama dengan sejumlah profesional kreatif lainnya. Setiap studio desain memiliki etos sendiri khususnya, style, tujuan, pengaruh dan budaya.

Way of working
Banyak desainer lebih suka kebebasan dan tanggung jawab dalam bekerja di organisasi yang lebih kecil baik sebagai pedagang, pekerja lepas atau bagian dari kemitraan, yang mungkin memungkinkan mereka untuk mengkhususkan solusi desain tertentu. Bekerja dalam sebuah entitas yang lebih kecil umumnya memungkinkan desainer untuk memiliki kebebasan kreatif yang lebih besar dan terus-menerus terlibat dalam 'gambaran besar', termasuk bekerja sama dengan klien. desain organisasi skala kecil sering kali menjadi terkenal karena gaya desain tertentu, spesialisasi dalam melayani sektor-sektor tertentu atau dalam bekerja dengan bahan tertentu.

Freelancers
freelancer adalah wiraswasta dan dipekerjakan secara job-by-job oleh lembaga atau perusahaan. Istilah ini berasal dari Abad Pertengahan ketika ksatria tanpa kesetiaan kepada tuan yang diberikan adalah secara efektif dianggap sebagai 'tombak untuk menyewa' atau 'free lance'. Dalam desain grafis, freelancer mungkin memiliki keahlian khusus yang dibutuhkan dalam suatu proyek tertentu, seperti animasi Flash. Kadang-kadang, mereka adalah generalis desainer yang lebih memilih untuk bekerja dengan otonomi yang lebih besar dan kebebasan, menikmati beragam tantangan dan peluang kerja untuk berbagai klien.

Pekerjaan Freelance dapat secara budaya dan finansial menguntungkan, meskipun memerlukan dedikasi, organisasi dan kebutuhan untuk terus mengembangkan dan mempertahankan basis klien untuk memastikan aliran kontinu kerja. Hal ini sering tergantung pada mempertahankan tingkat pelayanan yang terbaik dan reputasi profesional yang baik. Mendaftarkan dengan lembaga kreatif untuk pekerjaan ad hoc juga sangat membantu.

Graphic design today
Desain grafis telah berkembang dan diadaptasi untuk mengubah dengan memasukkan teknologi baru dalam berkomunikasi kepada audiens yang lebih tersegmentasi. Ini menimbulkan sejumlah pertanyaan: Di mana proses evolusi meninggalkan desain grafis hari ini? Apa yang desain grafis berusaha melakukan?

Influences and creative elements
Desain grafis adalah ilmu kepada tren intelektual dan estetika yang mempengaruhi karya desainer dan mencerminkan sikap masyarakat pada umumnya. Sebagai contoh, desain menanggapi tema perubahan yang mengatur cara kita memandang dunia dan hal ini jelas dalam gerakan seperti Modernisme, Postmodernisme dan Deconstructivism. Kecenderungan ini membantu membentuk pengembangan dan evolusi desain grafis sebagai ilmu kreatif, membuka pintu baru kemungkinan kreatif dan menyediakan alat-alat baru yang dapat digunakan untuk memenuhi tantangan desain.
Industrialisation
Industrialisasi di abad kedelapan belas melihat mekanisasi industri percetakan, yang memungkinkan untuk mencetak dengan lebih tinggi dan tingkat produksi yang lebih besar. Lebih penting lagi, membawa perubahan dramatis dengan proses cetak dan produksi sebagai jenis dan metode typesetting diubah untuk mendukung tingkat produksi yang lebih cepat.

Technology
Desain grafis, seperti disiplin ilmu lainnya, terkait dengan teknologi di berbagai tingkatan. Teknologi mempengaruhi bagaimana desain diproduksi dan juga mempengaruhi perkembangan gaya, seni dan masyarakat secara keseluruhan, yang pada gilirannya tercermin dalam bentuk desain. Teknologi juga menawarkan desainer berbagai media untuk proyek-proyek mereka.

Typography
Tipografi adalah arti yang diberikan pada ide tulisan dalam bentuk visual. Ini adalah salah satu unsur yang paling berpengaruh yang menetapkan karakter dan atribut emosional desain, bentuk visual yang diperlukan secara dramatis mempengaruhi aksesibilitas ide dan bagaimana pembaca bereaksi ke arah itu

Consumerism
Permintaan untuk berbagai hasil barang yang lebih luas dalam persaingan sengit antara produsen dan produk-produk seperti. Konsumerisme berdampak pada desain grafis karena produk kemasan dan iklan mampu menjadi jendela sempit dan terbatas untuk meningkatkan keterhubungan dengan konsumen.

Identity and Branding
Orang-orang cenderung menggunakan 'identitas' dan 'Branding' bergantian, tetapi mereka mengacu pada dua konsep yang berbeda. Sebuah identitas adalah jumlah kualitas yang identik dengan tingkat pelayanan suatu organisasi. Branding adalah proses dimana identitas ini diberi ekspresi visual.

Social responsibility
Dalam industri desain ada kecenderungan untuk pertanyaan sudut pandang etika dalam kaitannya dengan isu-isu di seluruh dunia seperti gender, kemiskinan dan pemanasan global. Organisasi semakin mendorong dan mempromosikan posisi mereka sendiri etis untuk membimbing kegiatan mereka, yang dapat menimbulkan konflik dengan etika pribadi.

Modernism and postmodernism
Modernisme dan postmodernisme mengacu pada dua pandangan yang berbeda dari dunia yang dikembangkan dan dibimbing aktivitas kreatif di berbagai titik pada abad kedua puluh. berpikir Modernisme dan modernis masih memiliki relevansi hari ini dan pengaruh mereka bisa dilihat dalam desain kontemporer sebagaimana orang berusaha untuk memahami dunia di sekitar mereka.

The graphic design process
Proses desain grafis melibatkan semua langkah yang diperlukan untuk menghasilkan sebuah pekerjaan cetak maupun elektronik – mulai dari menyetujui ringkasan dengan klien sampai membuat sketsa ide-ide konseptual untuk pengembangan desain dan berhubungan dengan mereka yang terlibat dalam proses produksi, seperti printer dan programer.

Bagaimana proses ini terstruktur dan dilakukan ditentukan oleh kompleksitas pekerjaan, berbagai media sedang dibuat dan banyak orang yang terlibat dalam proses.

Bekerja dengan klien besar dan lembaga mungkin memerlukan langkah-langkah lebih daripada bekerja dengan organisasi yang lebih kecil, dan pekerjaan masing-masing membutuhkan kombinasi keahlian desain yang berbeda.

The brief
Ringkasan adalah garis besar apa yang diinginkan klien untuk mencapai apa yang diinginkannya dari desain. Berbekal alat-alat berpikir kreatif, pengaruh pribadi dan bahan sumber, seorang desainer dapat merespon ringkasan dan menghasilkan solusi kreatif untuk itu. Namun, harus dicatat bahwa ada dua jenis ringkasan yang berbeda.

Sources of inspiration
Desain adalah ilmu yang dibentuk oleh beragam pengaruh baik dari masa lalu dan kini, yang menginformasikan pilihan dan keputusan yang diambil selama proses desain. Pengaruh mungkin mendalam atau parsial dan dapat mempengaruhi keseluruhan struktur dan isi pekerjaan.

Design as problem solving
Bagian penting dari proses desain berkaitan dengan mengatasi kendala kreatif, praktis atau ekonomi. Hal ini mungkin terdengar jelas, tetapi sering, masalahnya adalah fana - perasaan bahwa ada sesuatu yang tidak beres dengan desain. Pemecahan masalah memerlukan pekerjaan melalui berbagai elemen desain dan tidak hanya membuat asumsi seperti apa masalahnya.

Creative thingking
Desain grafis adalah sebuah proses kreatif yang lebih dari sekedar menanggapi ringkasan klien. Ada banyak cara untuk menanggapi ringkasan dan tuntutan yang dikandungnya, dan masing-masing akan memberikan solusi yang menghasilkan tingkat keberhasilan yang berbeda. Kreatif desain mengeksplorasi tema-tema yang lebih luas untuk menemukan solusi optimal untuk sebuah ringkasan.

Delivering the message
Desain grafis disajikan kepada sasaran melalui berbagai media dari selebaran sampai poster dan website. Dengan demikian, bab ini membahas bagaimana berbagai pesan disampaikan menggunakan berbagai teknik, alat dan metode. Terlihat pada hasil akhir dari proses desain dan pekerjaan tersebut yang membuat audiens dan masyarakat umum, berinteraksi dengan karya tersebut.

Bab ini berfokus pada berbagai platform yang desainer miliki untuk menyampaikan pesan yang kuat dan spesifik - dari pencetakan dan layar melalui untuk merancang lingkungan dimana sebuah potongan sebenarnya merupakan bagian dari lingkungan fisik.

Information design
Desain memainkan peranan penting dalam komunikasi informasi yang efektif. Sebagaimana telah kita lihat, desain dapat mengkomunikasikan informasi yang sangat spesifik dengan cara yang sangat spesifik, dan kemampuan ini dapat diklasifikasikan sebagai desain informasi. Informasi desain mencakup strategi desain yang ditujukan untuk penyebaran informasi yang tepat untuk akhir tertentu.

Environmental design
Desain dalam sebuah lingkungan termasuk informasi, ruang pameran dan media luar ruang atau iklan. Ini mencakup semua desain yang ada dalam lingkungan yang dibangun di sekitar kita. Meskipun banyak dari keahlian desain adalah sama seperti untuk cetak dan desain digital, desain lingkungan memiliki beberapa pertimbangan khusus karena ruang yang berbeda dan dimensi pekerjaan telah berfungsi dalam.

Procuring work
Sungguh ironis bahwa banyak desainer grafis, meskipun bertanggung jawab untuk menciptakan gambar yang menarik, berkesan dan bahkan ikonografis untuk mempromosikan klien mereka, seringkali berjuang ketika hal itu datang ke promosian diri mereka. Dianggap, bijaksana dan promosi diri yang strategis adalah kunci desainer untuk mendapatkan pekerjaan tetap. desain grafis yang sukses, seperti industri kreatif, harus didukung oleh platform ekonomi yang solid.
Promosi diri merupakan bagian integral dari pekerjaan dari setiap desainer grafis, apakah praktisi individu atau anggota sebuah biro desain yang berkembang.

The production process
Bab terakhir membahas tool kit dasar seorang desainer grafis yang digunakan untuk membuat dan menghasilkan desain yang efektif. Alat melepaskan dan menyalurkan ide-ide kreatif dari proses desain menjadi produk yang bekerja dan produk fisik - melalui proses pencetakan atau untuk aplikasi elektronik seperti halaman web.

Basic tools
Desainer memiliki akses ke berbagai alat tradisional dan modern yang memberikan fleksibilitas yang besar dalam proses desain dan pekerjaan yang dihasilkan. Dari alat kerajinan tangan seperti pisau bedah dan tikar pemotongan, sampai sebuah komputer pribadi dengan komputer tablet, desainer dapat mengekspresikan diri mereka dalam berbagai cara untuk bereksperimen dan mengembangkan gagasan visual.

Pengaruh & Elemen Kreatif
Desain grafis merupakan sebuah proses multidisiplin yang mengacu pada sumber - sumber kreatif. Sebagian melihatnya sebagai sebuah kerajinan yang merupakan perdagangan dari pencetakan tradisional & penerbitan. Aspek - aspek yang perlu diperhatikan dalam pengaruhnya disini antara lain : industri, teknologi, konsumerisme, indentitas & branding, tanggung jawab sosial, modernisme & postmodernisme, nostalgia & retorika, semiotika, dan bahasa daerah.

Proses desain grafis
Dalam proses desain grafis melibatkan semua langkah yang diperlukan untuk menghasilkan hasil yang optimal dan sesuai dengan keinginan, yang perlu diperhatikan dalam proses ini antara lain : singkat, artikulasi desain, sumber inspirasi, desain sebagai pemecahan masalah, ide kreatif, humor, lapisan makna, pembangunan & eksperimentasi, arah seni, prototype, komisioning seni.


Pengiriman pesan
Desain grafis disajikan untuk target penonton melalui berbagai media dari cetak selebaran untuk poster dan website. untuk itu beberapa hal yang perlu diperhatikan disini antara lain : pencetakan, informasi desain, pengemasan, desain layar, serta lingkungan desain.

Pengadaan Pekerjaan
Dalam bidang desain grafis, seorang desainer mendapatkan komisi melalui promosi dari desain mereka itu sendiri. Dimulai dengan melakukan penelitian yang memadai. Seorang desainer harus mencari tahu sebanyak mungkin tentang sifat kliennya.


Proses produksi
Desain grafis digunakan untuk membuat & menghasilkan desain yang efektif, selain itu dapat juga dijadikan sebagai ekspresi dan saluran dari ide - ide kreatif melalui proses pencetakan atau untuk elektronik aplikasi, seperti halaman web. untuk itu hal yang diperlukan untuk memproduksi suatu desain antar lain : peralatan dasar, spesialist warna, format berkas, dan tahap akhir pencetakan
sumber:
http://fian-switch.blogspot.com/2010/11/rangkuman-ultimate-graphic-design.html
http://amyarea-rahmi.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar